rachmi mustangadahMenurut   UU   No.  20   tahun   2003  “Pendidikan  adalah   usaha   sadar dan terencana   untuk   mewujudkan   suasana   belajar   dan   proses pembelajaran  agar peserta   didik   secara  aktif   mengembangkan   potensi   dirinya   untuk   memiliki kekuatan   spiritual   keagamaaan,   pengendalian   diri,   kepribadian,   kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan  yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa, dan Negara” (Prayitno dan Manullang,  2010: 51).

Fisika merupakan salah satu mata pelajaran yang melibatkan berbagai macam variabel fisis yang sangat menarik untuk dikaji secara mendalam. Pembelajaran secara teoritis tidak akan cukup untuk membuat peserta didik dapat memahami materi pembelajaran secara komprehensif. Banyak peserta didik merasa kesulitan dalam memahami materi yang ada pada fisika, terutama pada masa pembelajaran daring seperti saat ini. Padahal sebenarnya fisika sangatlah dekat dengan kehidupan sehari-hari. Untuk mengatasi masalah ini, seorang guru fisika dituntut untuk memberikan pengalaman belajar fisika yang menyenangkan dan bermakna. Salah satunya adalah dengan kegiatan praktikum. Pada pembelajaran daring, pelaksanaan praktikum tidak menjadi hal yang mustahil lagi. Banyak aplikasi/software virtual lab yang yang dapat guru gunakan untuk menunjang proses pembelajaran daring.

Physics Education Technology (PhET) Simulation adalah software simulasi interaktif fisika yang tersedia pada situs yang dapat di download secara gratis dan dapat dijalankan secara online maupun offline. Dengan menggunakan software tersebut, diharapkan dapat menciptakan pembelajaran yang aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan. Software tersebut memungkinkan peserta didik untuk memahami konsep-konsep Fisika tanpa harus melakukan percobaan di laboratorium. Simulasi PhET dikemas seperti game/permainan sehingga peserta didik dapat melakukan eksplorasi Fisika secara lebih menyenangkan. Dalam penelitian Perkins, dkk. (2006 : 18) disebutkan bahwa simulasi PhET dibuat untuk mengembangkan dan mendukung pemahaman peserta didik secara konseptual. Tujuan utama dari simulasi PhET ini adalah meningkatkan keterlibatan peserta didik dan meningkatkan hasil belajar peserta didik.

PhET merupakan sebuah media yang dapat memvisualisasikan materi / konsep fisika sehingga peserta didik dapat mengamati langsung dan mengoperasikan sendiri, tidak hanya membayangkan kejadian yang sebenarnya. Perkembangan teknologi yang sangat pesat saat ini, termasuk kehadiran komputer dan internet, memungkinkan setiap orang untuk belajar dan mengembangkan diri secara mandiri. Hasil teknologi berupa simulasi yang dapat diunduh secara gratis dan memungkinkan pembelajaran berlangsung tanpa harus tatap muka dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran dalam masa pandemic seperti sekarang ini.

Salah satu konsep fisika yang dapat dijelaskan menggunakan PhET simulation adalah gerak parabola. Melalui PhET simulationProjectile Motion” peserta didik dapat mengamati bentuk lintasan gerak parabola, menganalisis kecepatan di setiap titik lintasan parabola, menganalisis posisi benda yang bergerak parabola, serta variabel-variabel lain terkait gerak parabola.  Untuk dapat mengoptimalkan hasil belajar peserta didik menggunakan PhET simulation perlu ditunjang dengan LKPD dan modul pembelajaran sehingga kegiatan praktikum daring yang dilakukan peserta didik menggunakan PhET simulation dapat lebih terstruktur dan terarah.

Walaupun tidak semua materi fisika dapat dijelaskan menggunakan PhET simulation, tapi setidaknya aplikasi ini dapat menjadi salah satu alternatif kegiatan praktikum selama pembelajaran daring.

Rachmi Musta’adah, S.Pd.
Guru Fisika SMA Negeri 1 Rembang, Purbalingga

Komentar