try out ujian nasional

Hasil Ujian Nasional SMA/sederajat dijadikan pertimbangan dalam Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Kebijakan tersebut tertuang melalui Surat Edaran Bersama Menteri Pendidikan dan Kebudayaan dan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Nomor : 0123/MPK.H/KR/2015 Nomor: 8/M/KB/II/2015. Dengan demikian, hasil UN nanti akan menjadi salah satu faktor dalam menentukan apakah lulusan SMA yang mendaftar ke perguruan tinggi diterima atau tidak.

Ketentuan mengenai penggunaan nilai UN SMA/Sederajat dalam SNMPTN ditentukan oleh panitia SNMPTN masing-masing PTN. Setiap PTN memiliki kewenangan untuk menyeleksi calon mahasiswa sesuai dengan kultur, karakter, dan visi dan misinya. Untuk jurusan kedokteran misalnya, dapat mempertimbangkan nilai UN pada mata pelajaran Biologi dan Kimia. Hal ini juga berlaku untuk jurusan lainnya pada setiap PTN.

Dalam surat edaran tersebut dijelaskan bahwa hasil pengolahan nilai UN diserahkan Puspendik kepada Panitia SNMPTN selambat-lambatnya 2 Mei 2015. Nailai UN ini nantinya bisa digunakan oleh PTN untuk mengetahui peringkat siswa relatif pada tingkat sekolah dan daerah, kompetensi siswa dalam memenuhi standar kompetensi lulusan (SKL), dan peta sub kompetensi siswa untuk matrikulasi dan penentuan program studi. (Sumber: kemdikbud.go.id)

Baca juga : UN bukan penentu kelulusan

Komentar