Peserta LDKS dicek kesehatannya oleh petugas dari TNI Batalyon 406 Candra Kusuma sebelum pemberangkatanPeserta LDKS dicek kesehatannya oleh petugas dari TNI Batalyon 406 Candra Kusuma sebelum pemberangkatan

SMA Negeri 1 Rembang Purbalingga bekerja sama dengan Batalyon Infanteri 406/Candra Kusuma Purbalingga mengadakan Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS) tahap II pada 29 – 30 November 2017. Kegiatan dilaksanakan di kompleks Batalyon 406 desa Bajong Kecamatan Bukateja. Kegiatan ini diikuti oleh 114 siswa dari unsur OSIS, Pramuka dan ekstrakurikuler.

LDKS tahap II ini merupakan kegiatan lanjutan setelah sebelumnya diadakan tahap I di SMAN 1 Rembang pada 28 Oktober 2017. Menurut Waka Kesiswaan SMAN 1 Rembang, Bambang Eko Basuki S.Pd., tahap I menitikberatkan pada pemahaman peserta mengenai teori kepemimpinan dan organisasi sedangkan tahap II pada peningkatan kedisiplinan, tanggung jawab serta ketahanan fisik dan mental.

Sebelum berangkat, para peserta diperiksa kondisi kesehatannya oleh petugas dari TNI. Tujuannya agar para peserta yang mengikuti LDKS benar-benar siap secara fisik dan mental. Hasil pemeriksaan dinyatakan bahwa 114 siswa siap untuk mengikuti LDKS. Pemberangkatan menggunakan 5 truk TNI dari halaman SMAN 1 Rembang.

Kepala SMAN 1 Rembang, Purwito, S.Pd., dalam sambutan pemberangkatan peserta LDKS menyampaikan bahwa SMAN 1 Rembang mempercayakan kepada TNI karena sudah teruji dalam hal kedisiplinan dan tanggung jawab terhadap tugas. Dia berharap para instruktur dari TNI bisa menularkan pengalaman dan pengetahuannya agar para peserta LDKS bisa menjadi generasi yang disiplin, bertanggung jawab, kuat fisik dan mental serta tidak mudah terpengaruh paham-paham yang menyesatkan.

LDKS merupakan kegiatan rutin tahunan yang diselenggarakan oleh SMAN 1 Rembang. Tujuannya untuk membekali siswa mengenai teori dan praktik kepemimpinan, pengetahuan organisasi, kerjasama kelompok, kedisiplinan, kepercayaan, kemandirian, sikap pantang menyerah.

Komentar