Orang tua peserta didik kelas XII SMAN 1 Rembang mengikuti sosialisasi US, USBN dan UNBK tahun 2017Orang tua peserta didik kelas XII SMAN 1 Rembang mengikuti sosialisasi US, USBN dan UNBK tahun 2017

Rembang - SMAN 1 Rembang Purbalingga mengumumkan kelulusan peserta didik kelas XII dari satuan pendidikan pada Selasa 2 Mei 2017. Pengumuman dilaksanakan dalam dua metode, yaitu online dan offline. Pengumuman online dapat diakses mulai pukul 06.00 WIB di siakad.sman1rembang-purbalingga.sch.id. Sedangkan yang offline berupa pengiriman surat pemberitahuan kelululusan ke alamat masing-masing peserta didik oleh petugas mulai pukul 13.30 WIB.

Untuk dapat mengakses pengumuman online, peserta didik harus membuat akun di website SMAN 1 Rembang kemudian login dengan username dan password yang telah dibuat. Ketentuannya, peserta didik harus sudah melunasi segala administrasi sekolah dan memiliki bukti bebas pinjaman perpustakaan.

Kepala SMAN 1 Rembang, Purwito, S.Pd., menyampaikan bahwa kelulusan secara online merupakan kebijakan sekolah karena tidak ada ketentuan maupun anjuran dari pemerintah. “Kami menyampaikan kelulusan secara online karena sejalan dengan Ujian Nasional Berbasis Komputer yang telah dilaksanakan”, ungkapnya.

Tahun 2017 SMAN 1 Rembang meluluskan 194 peserta didik yang telah memenuhi syarat-syarat kelulusan yaitu telah menuntaskan seluluh program pembelajaran, telah mengikuti Ujian Nasional, memenuhi kriteria penilaian dalam Ujian Sekolah, dan berkelakuan baik selama menjadi peserta didik.

 

Dilarang Corat-caret

SMAN 1 Rembang melarang keras perayaan kelulusan dengan melakukan hal-hal negatif seperti konvoi kendaraan, corat-coret seragam, vandalisme, dan tindakan mubadzir lainnya. Himbauan itu disampaikan di setiap kesempatan kepada peserta didik kelas XII, termasuk kepada orang tua pada saat sosialisasi pelaksanaan UNBK.

Larangan itu diberlakukan untuk meminimalisasi persepsi negatif perayaan kelulusan yang selama ini sudah membudaya di Indonesia. “SMAN 1 Rembang secara tegas melarang peserta didik merayakan kelulusan dengan corat-coret baju dan arak-arakan kendaraan. Kelulusan harus disikapi secara positif, dengan bersyukur dan mendekatkan diri kepada Allah, karena kelulusan itu merupakan titik awal untuk melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi” tambah Purwito.

Komentar